Selasa, 18 September 2012

Komunitas Hijau Kota Palu




Berawal dari Kepedulian Segelintir orang (Pemerhati RTH dari Satker PBL Provinsi Sulawesi Tengah, BKM Ntovea Besusu Barat dan Kaum Peduli Lainnya) atas Keberadaan Ruang-Ruang P
ublik khususnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang tidak terawat dan terpelihara dengan baik... 

Maka pada tgl 14 mei 2012 bersama masyarakat sekitar pantai besusu berinisiatif ..tuk berkumpul dan berdiskusi bersama diareal RTH Pantai Besusu Kota Palu hingga akhirnya membentuk Komunitas Peduli Ruang Terbuka Hijau Kita (RTH Dia-Lo-Gue) yang melaksanakan aktifitas diskusi publik setiap sabtu sore di lokasi tsb. Hingga dalam Perjalananx diskusi - diskusi santai atw kongko-kongkow #1-8 mempu menghadirkan beberapa pihak maupun Komunitas lainnya (Komunitas Fotografi, Komunitas Motor Honda Kota Palu, dll) maupun pakar-pakar RTH lainnya seperti dari kalangan akademisi UNTAD hingga anggota DPRD Kota Palu maupun jajaran SKPD-SKPD di kota Palu. 

Puncaknya ketika Komuntas RTH Dia-Lo-Gue bersama BKM Ntovea Besusu Barat dan Tim Pemasaran Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) - PNPM MP berhasil melaksanakan Kegiatan Launching Eo N'todea (Hari Orang Banyak) dan Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan) di Pantai Besusu pada tanggal 15 Juli 2012 yang dihadiri oleh Walikota Palu beserta jajaran SKPD-SKPD Kota Palu dan masyarakat sekota Palu hingga pada saat itu pula Pak Walikota Palu (Rudy Mastura) meresmikan Hari Minggu adalah Hari Publik bagi warga kota Palu. (^_^) 

Seiring dengan mimpi kota Palu menuju Kota Hijau.. maka Komunitas RTH Dia-Lo-Gue dipercaya oleh Pemkot Kota Palu melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Kota Palu untuk menjadi bagian dari Komunitas Hijau Kota Palu (Palu Green Community) mengawal Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH) Kota Palu sebagai implementasi dari Penyepakatan "Master Plan RTH Kota Palu" 20 tahun kedepan (2012 - 2032) oleh Komunitas Hijau Kota Palu dan SKPD-SKPD terkait di Jazz Hotal tanggal 4 September 2012. (^_*)

1 komentar: